Thursday, July 1, 2010

Indonesiaku, Tanah Airku


Kali ini gue mau nge-post tentang sesuatu yang agak sotoy tapi ini emang pandangan gue tentang Indonesia. Negara Indonesia udah berdiri sejak tahun 1945, sekarang udah tahun 2010 dan pada tanggal 17 Agustus nanti, Indonesia bakal berumur 65 tahun. Udah cukup tua lah umurnya, kalo manusia messtinya udah punya cucu. Tapi kenapa ya kok negara ini belum terlihat cukup maju, daridulu berkembang terus, mau sampai kiamat apa begini.

Kalo gue ngeliat berita, kayanya ini negara ribet banget, semua masalah diambil pusing. Bahkan hal sepele pun dipermasalahkan. Menurut gue, hukum di negara ini kurang konsisten, ga ngerti salahnya di mana karena gue bukan orang hukum, hanya anak SMA yang belum tau banyak hal. Tapi ngeliat manipulasi di sana-sini, main belakang dan lain-lain, orang jujur tinggal sedikit. Mereka ga liat dari hati, mungkin kalo ga ada koruptor atau yang sejenisnya, Indonesia bakal semaju Jepang. Jujur aja orang Indonesia itu termasuk orang-orang egois yang lebih mementingkan diri-sendiri. Oke, gue ga akan bahas tentang pemerintahan karena gue ga ngerti apa-apa tentang itu daripada dibilang sok tau.

Sebenernya yang pengen gue sampaikan itu pendapat tentang rakyat Indonesia. Sebagai rakyat, kita diberi hak untuk menyampaikan pendapat atau hak untuk berdemokrasi. Tapi gue rasa demokrasi di Indonesia itu udah berlebihan. Orang Indonesia itu terlalu banyak mau tapi ga ada usaha buat nyoba dulu buat mewujudkan sendiri. Kayanya semua masalah dibebankan untuk pemerintah. Kalau pemerintah membuat peraturan atau undang-undang baru diprotes karena itu ga sesuai dengan kehendak kita. Kadang ga semua keinginan kita bakal terwujud, bisa aja kita coba dulu mengikuti peraturan itu tanpa protes, lah ini belum dirasain udah protes duluan. Sadar ga sih, peraturan dibuat kan buat menertibkan kita, kalo peraturan ga ada mau apa hidup asal-asalan ga punya pedoman.

Masalah pemimpin, seorang pemimpin itu adalah orang yang bisa dijadikan panutan, bijaksana, dan dapat memberi keputusan sesuai pendapat rakyat. Pendapat rakyat kan beda-beda, para wakil rakyat mesti bisa milih mana yang terbaik, lalu kalo ada pendapat yang ga kepilih mungkin itu emang ga cocok, jangan terus kalo ga disetujuin malah demo, protes, harus terima apapun keputusannya. Terus juga, kalo pemimpin ngelakuin kesalahan, jangan terus diprotes, dia juga manusia, manusia ga luput dari salah kok.

Intinya, mau apapun bentuk negara kita, sistem pemerintahan seperti apapun, keadaan apapun, asal rakyat bisa kompak sama pemerintah, gue rasa Indonesia akan lebih cepet maju. Ayo maju Indonesia ku :)

No comments:

Post a Comment